Tips Menulis Bagi Pemula


FLP PRABUMULIH
- Buat kalian yang senang menulis tapi terkadang bingung mau nulis apa, harus mulai dari mana atau kapan mau mulai nulisnya. Baiklah kali ini saya akan berbagi tips menulis khusus buat para pemula yang saya ambil berdasarkan pengalaman pribadi dan juga dari pengalaman orang lain. 

 

Biasanya banyak rangkaian kata-kata yang sudah menari-nari di kepala minta dituangkan ke dalam tulisan,  tapi ujung-ujungnya tak satupun yang tertuang karena lagi-lagi bingung mau mulai dari mana. Untuk menjawab kebingungan itu saya tuliskan beberapa tips yang bisa dipraktekan bagi penulis pemula yaitu:

 

1.         1. Pilih topik atau tema yang kalian sukai atau menarik menurut hati dan perasaan kalian, karena kalau menulis sesuatu yang sesuai dengan suasana hati biasanya lebih mudah keluar kata-katanya. Contohnya pengalaman yang paling berkesan ketika masih kecil, sudah pasti kita semua punya pengalaman masa kecil bukan. Jadi pilihlah tema yang menurut kalian mudah untuk dituangkan dalam tulisan.

 

2.      2. Tulis saja dulu jangan takut salah, nanti tinggal di edit dan koreksi saja. Menulislah dengan gaya sendiri atau ciri khas mu sendiri tidak perlu meniru gaya menulis orang lain. Tulis semampunya tidak perlu memaksakan diri harus menulis panjang, tulis yang ringan-ringan dan pendek dulu biar enak pas mengoreksi jika ada kesalahan dalam penulisan. 

 

        BACA JUGA: Tips Ampuh Atasi Writing Block

B

3.    3. Sering berlatih menulis, usahakan terjadwal untuk pembiasaan. Ala bisa karena biasa begitulah pepatah kerennya. Sesuatu yang dibiasakan akan menjadikan hal yang dianggap sulit akan menjadi terasa mudah, bahkan sesuatu yang dianggap tidak mungkin akan menjadi sebuah karya besar. 

 

4.         4. Bergabung pada komunitas atau forum menulis, misalnya Forum Lingkar Pena atau group-group menulis lainya. Dengan ikut bergabung dalam komunitas atau forum, akan menambah wawasan dan pengetahuan tentang dunia kepenulisan.

 

5.       5. Konsisten menulis, ini wajib ditanamkan dalam diri, biar lambat asal selamat he he maksudnya kembali lagi ke diri kita, tanpa konsistensi akan sulit mewujudkan keinginan dan cita-cita menjadi penulis yang profesional dan punya nilai jual.

 

Itulah beberapa tips ringan yang bisa kalian mulai praktekan dari sekarang, ingat mulai dari sekarang ya jangan tunggu nanti-nanti, ikan sepat ikan gabus makin cepat makin bagus, ayo action! 

 

Penulis: Septika Haryani (Danus FLP Prabumulih)

foto: pixabay

 

LihatTutupKomentar
Cancel