Tips Mendapatkan Ide Menulis Cerpen

 

foto: pixabay.com

FLP PRABUMULIH - Sahabat literasi, kali ini kita akan membahas tentang bagaimana sih tips mendapatkan ide dalam menulis cerpen. banyak penulis yang sering kali mengalami kesulitan dalam menemukan ide, padahal sebenarnya ide bisa muncul dari manapun teman-teman.


Dalam melihat atau menemukan ide, teman-teman bisa dapatkan dengan melihat keadaan sekitar. Memaksimalkan indera penglihatan, pendengaran dan perasaan. Kemudian barulah kita masuk dalam kerangka tulisan.


Bagaimana sih tips mudahnya, yuk simak penjelasannya di bawah ini, ya.


1.    Perbanyak Membaca

 
Sudah menjadi hal wajib bagi seorang penulis untuk banyak membaca, bahkan harus memiliki waktu khusus untuk membaca buku. Mengapa demikian? Karena dengan membaca kita akan menemukan banyak sekali manfaat, salah satunya yaitu memudahkan untuk menemukan ide tulisan. Selain itu dapat menambah jumlah kosa kata, dan pengetahuan literasi lainnya. Membaca tidak melulu harus buku, ya teman-teman, namun bisa juga dengan membaca tulisan di blog atau sosial media.

2.    Mengamati Keadaan Sekitar

 
Tanpa kita sadari, keadaan sekitar justru bisa menjadi gudang ide bagi seorang penulis. Banyak peristiwa yang terjadi dalam kehidupan, dan banyak benda yang bertebaran di sekitar kita. Semuanya bisa menjadi sumber ide. Hanya saja, sering kali kita membelenggu pikiran kita sendiri, atau bahkan selalu membayangkan bagaimana supaya mendapatkan ide yang cemerlang yang akhirnya mengakibatkan pikiran menjadi lelah dan frustasi.
Kita bisa mendapatkan ide tersebut dengan menjadi pribadi yang lebih peka terhadap lingkungan. Memaksimalkan pendengaran, penglihatan, dan perasaan.
Contoh, kita melihat permainan ayunan di taman kanak-kanak. Ayunan tersebut bisa menjadi ide menulis cerpen dengan judul “Kisah misterius ayunan sekolah”. Kemudian bisa dilanjutkan dengan membuat kerangka tulisan.

3.    Jalan-jalan

 
Banyak penulis berhasil menulis puluhan cerpen maupun novel dari pengalaman saat sedang  jalan-jalan. Karena pada saat itu mata, pikiran dan perasaan kita sedang dalam keadaan fresh dan tenang. Sehingga akan sangat memudahkan pikiran kita untuk berpikir dan menangkap setiap peristiwa yang ada menjadi sebuah karya yang mengagumkan.
Jadi, kalo kalian sedang suntuk dan mentok dalam menemukan ide, coba deh jalan-jalan dulu sebentar mengitari pinggiran kota. Barangkali setelah pulang jalan-jalan kalian bisa menemukan ide menulis cerpen yang mengesankan.

 

BACA JUGA: Tips Menulis Bagi Pemula



4.    Pengalaman Pribadi atau Orang Lain


Siapa di sini yang sering menjadi tempat curhat? Hehehe… Dari hasil curhatan teman pun kalian bisa mendapatkan ide menulis cerpen. Hanya saja untuk tokoh dan detil cerita bisa kalian modifikasi supaya teman yang curhat tidak merasa ceritanya dijadikan bahan menulis cerpen. Atau lebih baik lagi kalo izin ke yang empunya.
Begitupun dengan pengalaman pribadi yang bisa menjadi ide menulis cerpen temen-temen. Tulis dengan penuh penghayatan dan perasaan, maka hasilnya akan sangat memuaskan.


5.    Tafakur Alam dan Tadabbur Al-Qur’an

 
Tafakur alam mungkin bisa masuk ke dalam kategori jalan-jalan, namun sifatnya lebih mendalam. Tafakur sendiri artinya adalah perenungan. Maka ketika kita jalan-jalan, jangan hanya numpang lewat, tapi cobalah untuk merenungkan apa yang ada di hadapan kita. Baik itu keindahan alam, kemegahan bangunan, atau keindahan-keindahan lainnya. Boleh jadi hasil dari merenung atau bertafakur alam kalian akan mendapatakan inspirasi ide untuk menulis cerpen.


Kemudian bisa juga dengan mentadaburri isi kitab suci Al-Qur’an. Seperti halnya penulis terkenal Kang Abik yang selalu berhasil menulis novel pembangun jiwa dari hasil mentadabburi isi Al-Qur’an. Dan hasilnya sangat mengagumkan. Itu semua bisa kalian tiru dan terapkan. Dan tentunya cerpen kalian akan penuh dengan nilai-nilai hikmah.

Nah sahabat literasiku, itulah beberapa tips yang bisa kalian lakukan untuk menemukan ide dalam menulis cerpen. Cobalah dari hal-hal yang sederhana, jangan belenggu pikiran kita dengan pikiran “nanti hasilnya tidak bagus”. Yang penting tulis aja dulu. Setelah semua tulisan selesai baru kemudian lakukan self editing. 


Semoga tips ini bermanfaat dan untuk kalian tetap semangat menebar kebaikan melalui tulisan, ya…



Biodata singkat penulis:
Pemilik nama asli Rini Kosasi dengan nama pena Miimauza. Boleh berkunjung ke akun ig saya ya, dengan nama (miimauza dan r.kosasi), fb (Rhiny Kosasi), dan blog (r.kosasimiimauza.blogspot.com).

LihatTutupKomentar
Cancel