Sabtu, 07 November 2020

Tips Ampuh Atasi Writing Block

FLPPRABUMULIH.OR.ID - Kamu penulis? Seberapa sering kamu mengalami writing block atau kebuntuan ide saat menulis? Writing block memang menjadi musuh besar penulis. Saat di mana ide di kepala rasanya benar-benar habis, kamu tak tahu lagi hendak menuliskan apa.

          Tenang, writing block memang menakutkan. Namun, bukan berarti tak ada solusinya. Ini dia nih tips mengatasi writing block:

           1. Baca

           Banyak penulis profesional yang ditanyai tentang cara mengatasi writing block dan menjawab bahwa solusinya hanya baca, baca, baca. Writing block menandakan bahwa kita masih kurang membaca. Maka baca lagi, baca terus. Semakin banyak buku yang kamu baca, akan semakin kaya pula ide dan perbendaharaan kata yang kamu miliki.

            2. Beri Jeda

            Seringkali writing block menyerang saat kita sudah terlalu lama berkutat dengan naskah. Maka beri jeda dulu, jauh-jauh sejenak dari naskah yang sedang kita tulis. Bisa dengan olahraga, nonton film, main game, atau hal asyik lainnya yang membuat pikiran rileks.

             3. Tulis Saja Dulu

             Setiap kali ide melintas, cepat tuliskan dan jangan berpikir bahwa ide itu terlalu biasa, dangkal, bahkan konyol. Tulis saja dulu. Siapa tahu ide-ide biasa itu akan memantik lahirnya ide lain yang luar biasa.

              4. Olahraga dan Terapkan Pola Hidup Sehat

              Banyak orang menganggap remeh tips keempat ini. Padahal, olahraga dan pola hidup yang sehat penting sekali lho. Jika kamu disiplin melakukan keduanya, maka peredaran darahmu akan lancar kemudian memudahkan datangnya ide-ide segar.

               5. Sosialisasi

              Tips terakhir ini juga tak kalah penting. Jika kamu banyak bersosialisasi, maka kamu tentu punya lebih banyak bahan untuk ditulis. Misalnya nih, dengan memerhatikan sifat orang-orang yang kamu temui, kamu jadi dapat ide untuk membangun karakter-karakter dalam ceritamu. Kamu bisa lebih merasakan keberadaan karaktermu karena ia memang diambil dari sosok yang ada di dunia nyata.

              Tips-tips di atas nggak sulit kan untuk dikerjakan? Jadi, jangan khawatir lagi jika writing block menyerang, karena kamu sudah tahu cara mengatasinya.

 

 Penulis: Tiana Yuthi (Sekretaris FLP Prabumulih)



2 komentar: