Jumat, 18 Januari 2019

5 Tips Sederhana Merawat Buku





FLPPRABUMULIH.OR.ID – Assalamualaikum sobat pena, senang sekali rasanya kami masih bisa menyapa sobat semuanya. O yah, ngomongin soal buku nih, sobat semua pasti punya buku bacaan di rumah kan? Nah kali ini kami akan berbagi sedikit pengetahuan mengenai bagaimana cara merawat buku.

Sebenarnya, merawat buku itu gampang sih sob, hanya saja kita yang kebanyakan malas,  kebanyakan scrolling di sosmed hehe. Sebelum itu pasti banyak yang bertanya-tanya kenapa sih buku kudu dirawat segala, kayak muka saja.

Bagi sebagian orang, buku adalah hal yang sangat berharga baginya, mending kehilangan emas batangan dari pada kehilangan satu buku (gilekan?) saking berharganya bagi orang tersebut sebuah buku. Terus alasan lain, harga buku itu mahal sob, lah coba saja masuk ke toko buku lihat harga-harganya, ada satu harga buku itu seharga dengan lima mangkok bakso pengkolan loh. Nah untuk itulah buku perlu dirawat. 

Bagaimana sih caranya?

Pertama, Disusun Berdiri, hindari penumpukan buku, hal ini dilakukan jika buku disusun menumpuk akan membuat jilid dan cover buku menjadi rusak. Pakailah pembatas rak buku agar buku kita berdiri tegak. Susun buku berdasarkan jenisnya, hal ini berguna untuk mempermudah ketika kita mencarinya.

Kedua, Rotasi Buku Sesering mungkin, apabila sobat punya waktu yang cukup, sembari membersihkan buku, keluarkan buku tersebut dari dalam rak, letakan diatas meja atau diruang terbuka yang tidak lembab.


Ketiga, Disampul, menyampul buku itu tidak sulit loh sob, hanya saja sedikit memakan waktu, kalo pun sobat tidak memiliki waktu yang banyak sobat bisa upahin saja nyampul bukunya sama adik, kakak, atau siapapun yang sobat yakini bisa menyampulnya. Dalam menyampul buku, sobat bisa menggunakan sampul plastik yang agak tebal, tidak lengket dan berwarna bening agar cover buku sobat masih tetap terlihat. Menyampul buku membuat buku sobat jadi bersih dan rapi, walaupun buku itu sudah lama.


Keempat, Jangan Dicoret-Coret, mencoret-coret buku akan membuat buku sobat terlihat kumal, apapun media yang sobat gunakan untuk mencoret itu, baik dengan pena maupun pensil. Jika ingin mengutip atau mencatat tulisan yang kita butuhkan, maka baiknya sobat gunakan sticky notes (biarin sih nambah pengeluaran sedikit) yang penting buku kita bersih. Sebab, jika catatan sticky notes itu dilepas tidak akan merusak buku kita.

Kelima, Pastikan  Cahaya Cukup, mungkin hal ini tidak terpikirkan oleh sobat semuanya,  betapa bermanfaatnya cahaya untuk kelangsungan hidup buku kita hehe, bila perlu berikan pencahayaan lampu khusus ke dalam rak buku kita. Hal ini bermanfaat untuk menghambat rayap masuk ke dalam sela-sela buku sehingga buku sobat terhindari dari kerusakan.

Nah, itu saja sedikit info mengenai cara sederhana merawat buku. O yah, ada satu lagi yang tak kalah penting nih sob, bukunya jangan hanya dirawat dan disusun rapi saja dalam rak yah, tapi juga dibaca. Uihhh... lebih keren kan tuh sob. Sekian dulu, terima kasih. 

Editor : Fahry Alamsyah
Foto: CNN Indonesia
Sumber refrensi: Pustakaimamsyafii.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar