Jumat, 19 Oktober 2018

FLP Prabumulih Tingkatkan Budaya Literasi dengan Seminar Kepenulisan dan Lomba Cipta Puisi



FLPPRABUMULIH.OR.ID - Bertepatan dengan momentum kemerdekaan Republik Indonesia FLP Prabumulih mengadakan sebuah lomba cipta puisi dengan tema ‘Memaknai Kemerdekaan’ untuk kalangan pelajar di kota Prabumulih. Acara ini diselenggarakan pada tanggal 17 Agustus – 17 September 2018, kegiatan ini juga terintegrasi dengan seminar kepenulisan ‘Merangkai Kata Berbuah Puisi’ pada tanggal 30 September 2018. 



Kegiatan lomba cipta puisi ini disambut hangat oleh kalangan pelajar dengan jumlah peserta sebanyak 70 dari sekolah-sekolah yang berbeda di kota Prabumulih. Sebagian besar dari peserta lomba ini juga turut hadir dalam seminar kepenulisan yang diadakan di gedung aula SMP IT Islahul Ummah. Seminar kepenulisan yang menghadirkan pengurus FLP Wilayah Sumsel yaitu Fajar Kustiawan (ketua wilayah) dan Ady Azzumar (kepala divisi karya)sebagai pembicara. Selain diberikan materi tentang puisi yang disampaikan oleh Ady Azzumar, pada seminar ini juga diberikan materi motivasi menulis yang disampaikan oleh Fajar Kustiawan. Kedua materi tersebut sangat bermanfaat untuk menambah dan membangkitkan semangat menulis baik bagi peserta maupun panitia. 

Pada rangkaian acara seminar kepenulisan yaitu salah satunya pengumuman pemenang lomba cipta puisi yang diraih oleh ;

11. Naifah Safa Zafira – SMA N 6 : ‘Kemerdekaan dan Masa Depan’
22. Aam Wahyu Pratama – SMK N 1 : ‘Perjuangan Menggapai Himalaya’
33.  Kartika Sabda Rindu – PP Al Furqon : ‘Tumpah Darahku’
44. Andrian Vicolini – SMA N 4 : ‘Bangkit Bangsaku’
55.  Arif Junaidi – SMK N 1 : ‘Jiwa Merdeka’






Kegiatan lomba dan seminar yang didukung oleh Pos Indonesia, BPJS Kesehatan, SMP IT Islahul Ummah, dan KPP Pratama Prabumulih dapat berjalan dengan lancar serta antusias dengan jumlah peserta sebanyak 84 baik dari kalangan pelajar maupun umum. Pencapaian pada kegiatan kali ini yaitu peserta hampir mencapai target, yang semula panitia menargetkan 100 peserta. Sekitar 30 peserta mendaftar untuk bergabung bersama FLP cabang Prabumulih. Ke depannya nanti 30 anggota baru ini akan dibina melalui kelas menulis dwi mingguan yang insyaa Allah akan diadakan di ruang baca Perpustakaan Daerah kota Prabumulih. Selain itu juga melahirkan bibit-bibit unggul penulis terkhusus di kota Prabumulih. 




Pada kegiatan ini pun masih terdapat banyak kekurangan, untuk itu anggota FLP Prabumulih masih akan terus belajar. Ke depannya FLP cabang Prabumulih akan membuat agenda-agenda yang lebih baik dan menarik lagi baik bagi kalangan pelajar maupun umum. –NA





Tidak ada komentar:

Posting Komentar