Senin, 05 Maret 2018

Tips Agar Makan Tidak Berlebihan


FLPPRABUMULIH.OR.ID, Terkadang kesukaan kita makan menjadi alasan utama kenapa berat badan tidak turun-turun, malahan tanpa terasa terus bertambah. Kita terkadang tidak sadar saat kita makan kalori dalam tubuh kita bertambah. Hal ini disebabkan karena perut kita masih lapar dan mulut masih terus ingin mengunyah makanan.

Bila ingin menghentikan kebiasaan "makan tanpa sadar" tips berikut boleh anda coba.

1. Kenali Rasa Lapar Palsu
Sering merasa lapar setiap saat hingga ingin makan terus menerus sampai makan dengan porsi berlebihan. Padahal sesungguhnya rasa lapar itu hanya sekedar lapar mata. Nah, rasa lapar seperti ini biasanya datang saat kita merasa bosan, marah atau sedih. Dan otak menjadikan makanan sebagai pelarian. Inilah yang membuat kita makan secara berlebihan dan jauh dari berat badan ideal yang kita inginkan.

Untuk mengatasi hal ini, kita sebaiknya membuat catatan kapan mulai mulai terasa lapar dan makan dengan porsi banyak, lalu tulis apa yang sedang dirasakan pada saat itu. Apakah merasa sedih, stres atau merasa tertekan. Dengan begitu kita dapat mengetahui apa yang memicu rasa lapar itu hingga dapat mengatasinya di lain hari.

2. Makan dengan Perlahan
Saat rasa lapar datang, entah itu lapar yang palsu atau benar-benar keroncongan, kita mungkin akan makan dengan cepat dan lahap. Nah, makan seperti inilah yang membuat porsi makan kita menjadi  berlipat-lipat.

3. Jangan Melewatkan Waktu Makan
Banyak yang menghindari waktu makan agar mereka tak mengkonsumsi makanan secara berlebihan padahal bila hal ini dilakukan justru yang terjadi malah sebaliknya. Nafsu makan akan meningkat ketika bertemu waktu makan selanjutnya, sehingga kita tidak tahan untuk tidak makan banyak.

4. Sediakan Cemilan Sehat
Pilih cemilan yang mengandung serat dan protein tinggi yang bisa dicerna secara perlahan, sehingga perut akan merasa kenyang lebih lama dan tidak minta di isi terus menerus.

5. Atur Porsi dan Jadwal Makan yang Rutin
Hal ini dapat membantu mengendalikan nafsu makan sehingga lambung menjadi terbiasa dengan waktu-waktu makan tertentu.

Demikiankah  tips mencegah makan yang berlebihan.
Semoga bermanfaat.

Penulis: Susi KS
Bendahara FLP Prabumulih
foto: www.sidomi.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar