Jumat, 23 Februari 2018

Ini Dia Fakta dari Olahraga Memanah

Memanah merupakan olah raga yang melibatkan sejumlah besar kekuatan, ketahanan, dan fokus untuk menghasilkan permainan yang optimal. Begitu banyak manfaat dari olahraga yang satu ini, selain manfaat fisik, panahan dapat meningkatkan kesehatan mental juga.

Sebelum mencoba panahan ada baiknya Anda membaca ringkasan tulisan berikut ini mengenai manfaat olahraga panahan dibawah ini :

INI DIA SEPULUH MANFAAT OLAHRAGA PANAHAN

Berikut ini adalah sepuluh manfaat dari olah raga panahan :

1. Meningkatkan koordinasi tangan dan mata, serta keseimbangan.
2. Meningkatkan fleksibilitas tangan dan jari.
3. Membangun kekuatan tubuh.
4. Meningkatkan kesabaran.
5. Meningkatkan fokus.
6. Membangun kepercayaan diri.
7. Merupakan olah raga sosial.
8. Merupakan bentuk latihan kebugaran.
9. Merelaksasi tubuh.
10. Merupakan olah raga yang dapat dimainkan oleh semua orang.

ADAPUN LIMA HAL YANG DIBUTUHKAN DALAM OLAHRAGA PANAHAN

Berikut ini adalah hal-hal yang dibutuhkan dalam melakukan olahraga panahan, yang sekaligus sangat bertanggung jawab dalam memberikan manfaat-manfaat di atas yaitu :

1. Kekuatan tubuh bagian atas
Dalam hal menarik busur Anda menempatkan tekanan pada kedua otot tangan, serta otot dada, bahu, dan punggung. Mirip dengan mengangkat beban, tekanan ini biasanya ditahan selama beberapa detik sebelum pemanah melepaskan string untuk melontarkan panah ke papan sasaran. Dengan pengulangan gerakan yang terus-menerus yaitu tekanan menarik dan melepaskan busur dapat mengarah ke pembentukan otot di sebagian besar kelompok otot utama tubuh bagian atas. Tingkat perkembangan otot bagian atas tergantung pada jumlah waktu latihan dan bersaing yang Anda habiskan.

2. Keseimbangan
Keseimbangan hal yang penting untuk keberhasilan dalam memanah, contohnya Anda harus dapat menahan tubuh untuk membidik dan melepaskan busur. Dalam hal berlatih memanah dapat membantu Anda untuk mendapatkan kontrol atas keseimbangan Anda ketika memfokuskan diri untuk membidik target. Semakin banyak melakukan latihan, semakin otot inti akan terbiasa untuk menyeimbangkan tubuh dan menjaga tetap stabil saat membidik dan melepaskan anak panah.

3. Koordinasi
Koordinasi tangan dan mata adalah keterampilan penting dalam memanah. Olahraga panahan dapat melatih tangan Anda untuk bekerja sama saat melakukan tugas yang berbeda, seperti membidik dan melepaskan panah sesuai dengan pengamatan mata. Semakin banyak latihan maka akan semakin baik koordinasi Anda. Peningkatan koordinasi ini akan menghasilkan pembidikan yang lebih baik dan ini juga akan membantu dalam olahraga lain.

4. Berjalan
Selama kompetisi berlangsung, pemanah dapat berjalan sejauh 8 km dan bergerak dari sisi ke sisi saat melakukan tugas memanah. Meskipun banyak aktivitas berjalan dalam selang waktu yang pendek, namun efek komulatif dari berjalan di seluruh kompetisi dapat meningkatkan kesehatan jantung, otot, dan kekuatan kaki.

5. Fokus
Fokus merupakan hal penting dalam olahraga panahan. Selain itu, mengembangkan fokus juga dapat memiliki dampak positif pada kesehatan mental dan kesejahterahan. Semakin Anda fokus terhadap target, maka semakin mudah bagi Anda untuk menjernihkan pikiran, serta berhasil dalam latihan maupun dalam kompetisi. Fokus dapat membantu Anda meredam kekhawatiran di luar panahan dan juga akan membantu Anda untuk lebih fokus pada tugas lain.

Jangan lupa untuk mengajarkan kepada anak-anak Anda memanah, berkuda, dan berenang. Karena ini merupakan sunnah yang diajarkan oleh rasul kepada kita umatnya. Oleh karena itu ajarkanlah anak-anak Anda.

Penulis: Fitriansyah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar